Penghasilan dari Google Adsense: Sebuah Kisah dari Seorang Pemula


Beberapa waktu lalu, saya upload di social media sebuah screenshot “pecah telor” dari Google Adsense.

adsense_1

Ternyata banyak teman-teman yang ingin tahu tentang Google Adsense ini. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Gurunda di dunia IM (Kang Hilman dan Kang Maula) 🙂 , saya ingin berbagi kisah tentang Google Adsense ini kepada teman-teman. Semoga ada hikmah terpetik.

Google Adsense ini merupakan salah satu jenis usaha juga. Sebagai seorang muslim, dalam menjalankan usaha kita pun refer kepada hukum syariah Islam. Sehingga dalam berbisnis, saya selalu teringat pesan Amirul Mu’minin Umar bin Khattab ra yang sangat masyhur,

“Janganlah berdagang di pasar kami, kecuali orang faqîh, (mengerti tentang jual beli), jika tidak maka dia makan riba.”

Jadi, dalam bisnis sepatutnya kita juga mencari dulu ilmu-ilmunya. Pada dasarnya hukum menjalankan bisnis Google Adsense ini halal dengan beberapa catatan. Silakan refer ke tautan berikut ini.

Setelah kita tahu ilmu dibelakang usaha ini, saya coba berbagi dengan teman-teman sekalian tentang Google Adsense.

Apa sih Google Adsense?

Sebelumnya saya ingin menceritakan sebuah kisah realita. Teman-teman pernah denger bahwa pasang iklan di televisi itu, sekian detik tayang saja, membutuhkan biaya puluhan juta? Terlebih jika iklan tersebut tayang pada acara yang ratingnya tinggi.

Kemudian, teman-teman pernah denger kan sebuah website berita detik.com? Pernah denger jika biaya pasang iklan di salah satu space-nya mencapai harga puluhan juta untuk tayang selama 1 pekan?

Nah, begitulah sekilas tentang dunia marketing. Bagaimana dengan Google Adsense?

Google Adsense sederhanya adalah program periklanan dalam dunia Internet yang diselenggarakan oleh Google. Dengan bergabung pada Google Adsense, maka pemilik web atau blog dapat memasang iklan yang bentuk dan materinya telah disediakan oleh Google. Kemudian, pemilik web atau blog akan mendapatkan penghasilan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs.

Nah, jadi prinsipnya sama dengan dua contoh kasus iklan di televisi atau website berita di atas. Teman-teman dapat menghasilkan uang melalui Google Adesense dengan memasang iklan pada web atau blog teman-teman.

Bagaimana memulainya?

Pertama, teman-teman harus siapkan website. Kemudian, setelah memiliki website, teman-teman dapat mendaftar ke program Google Adsense. Sebagai catatan, Google Adsense tidak menerima semua pendaftaran. Banyak yang ditolak juga. Jadi, saat daftar, Google Adsense akan me-review website teman-teman layak atau tidak. Jadi catatan penting di sini, sebelum teman-teman daftar Google Adsense, berlatihlah untuk ‘merawat’ website dengan rutin meng-update artikel dan rajin promosi website.

Anggap setelah daftar dan web teman-teman diterima, selanjutnya adalah memasang iklan yang telah disediakan oleh Google Adsense. Tetap jaga untuk ‘merawat’ website teman-teman. Algoritmanya sederhana, semakin rajin ‘merawat’ web, konten web akan semakin kaya, ditambah dengan rajin promosi, maka semakin banyak pengunjung yang datang, tentu diharapkan semakin banyak juga yang lirik iklan Google Adsense tersebut.

Selamat mencoba 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s